kekeringan korut2Pyongyang, LiputanIslam.com — PBB mengingatkan bahaya kematian massal anak-anak Korea Utara (Korut) akibat kekeringan yang meluas di negeri itu.

Badan urusan anak-anak PBB UNICEF, mengeluarkan peringatan itu hari Kamis (9/7), dalam upaya mendorong masyarakat internasional untuk melakukan tindakan nyata atas krisis kekeringan yang terjadi di Korut. Sebelumnya sejumlah besar anak-anak di negara itu dinyatakan menderita kekurangan gizi.

“Situasinya sangat mendesak, namun jika kita bertindak sekarang dengan menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan, kita bisa menyelamatkan nyawa manusia,” kata Direktur UNICEF wilayah Asia Timur, Daniel Toole, seperti dilansir Press TV, Kamis.

Bulan lalu pemerintah Korut mengakui terjadinya musim kering terburuk dalam satu abad terakhir dimana beberapa wilayah mengalami gagal panen.

UNICEF menyebut terjadi peningkatan penyakit diare yang dialami anak-anak di wilayah-wilayah yang terkena kekeringan.

“Tidak adanya hujan mengakibatkan berkurangnya pasokan air bersih yang mengurangi tingkat kesehatan, menempatkan nyawa anak-anak dalam bahaya,” tambah Toole.

Di sisi lain, sebuah studi tahun 2012 oleh PBB menemukan bahwa sebanyak seperempat anak-anak di Korut menunjukkan tanda-tanda kekurangan gizi. Hal ini semakin menambah kekhawatiran bahwa kekeringan yang melanda dikhawatirkan mengancam nyawa anak-anak tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL