IRAQ-SYRIA-CONFLICT-US-YAZIDINew York, LiputanIslam.com — Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) membenarkan keotentikan daftar harga budak-budak sek yang beredar di kalangan internal ISIS.

Utusan Khusus PBB untuk urusan Kejahatan Seksual dalam Peperangan Zainab Bangura mengungkapkan bahwa daftar harga yang pertama kali muncul ke publik pada bulan November 2014, adalah nyata. Demikian seperti dilaporkan Press TV, Rabu (5/8).

PBB menerima daftar tersebut pada bulan April tahun ini, namun baru saat ini keaslian dokumen itu bisa dipastikan.

“Para wanita itu diperdagangkan seperti minyak dalam drum-drum,” kata Bangura kepada Bloomberg.

“Seorang wanita bisa dibeli oleh lima atau enam orang laki-laki. Terkadang orang-orang itu (ISIS) menjual kembali para wanita itu kepada keluarganya seharga beberapa ribu dollar sebagai tebusan,” tambahnya.

Dalam daftar tersebut para budak wanita itu ditawarkan dalam harga dinar Irak, dimana para anggota teroris bisa membeli budak anak-anak berumur di bawah 9 tahun senilai $165 dan remaja putri seharga $124. Wanita di atas 20 tahun dijual dengan harga lebih murah, dengan paling adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun seharga $41.

PBB menyebut perdagangan budak sek itu dilakukan dengan cara yang sistematis dan terorganisir rapi.

“Mereka punya mesin, mereka punya program. Mereka menyediakan panduan tentang perlakuan terhadap para wanita itu. Mereka mempunyai biro perkawinan yang mengorganisir ‘pernikahan’ dan penjualan wanita-wanita itu,” kata Bangura lagi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL