Geneva, LiputanIslam.com–Dewan HAM PBB, UNHCR, pada Jumat (23/3/18) mengadopsi lima resolusi yang mengecam rezim Israel.

Resolusi yang keluar dalam pertemuan ke-37 UNHCR di Geneva ini mengecam penindasan rezim Israel kepada warga Palestina dan menyuarakan dukungan atas perjuangan Palestina melawan penjajahan.

Salah satu isi resolusi ini adalah “Memastikan akuntabilitas dan keadilan atas semua pelanggaran hukum internasional di kawasan pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem timur (al-Quds).”

Resolusi lain mendesak komunitas dunia untuk berhenti menjual senjata kepada rezim Israel, kemudian meminta Israel keluar dari Dataran Tinggi Golan, dan menghentikan pemukiman ilegal di atas tanah Palestina.

Resolusi ini mendapat suara 27 lawan 4, dan 15 abstein.

Geram atas resolusi ini, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengecam UNHCR sebagai lembaga yang “bodoh dan tidak layak”.

Dia kemudian mengancam bahwa AS akan mempertimbangkan keanggotaan di UNHCR jika badan tersebut terus bersikap bias anti-Israel.

“Apa yang terjadi adalah, Dewan gagal memenuhi kewajiban untuk menegakkan HAM di dunia. AS akan terus mempertimbangkan keanggotaan kami di Dewan HAM. Kesabaran kami terbatas,” ancamnya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*