New York, LiputanIslam.com—Komisioner Tinggi untuk Pengungsi PBB, Filippo Grandi, mengatakan bahwa konflik, kejahatan, dan persekusi di seluruh dunia, termasuk di Myanmar, Sudah Selatan, dan Suriah, telah melahirkan lebih dari 2 juta pengungsi baru pada tahun ini.

Dalam pidatonya di perhelatan Komite Eksekutif UNHCR di Geneva, Swiss, pada Senin (2/10/17), Grandi menyerukan lebih banyak kerjasama internasional untuk membantu krisis yang terjadi.

“Penderitaan jutaan laki-laki, perempuan, dan anak-anak yang terusir dari rumah mereka, terpaut dalam ketidakpastian hidup, adalah luka dalam hati nurani kita,” katanya.

Dia kemudian menyebut bantuan yang mendesak bagi setengah juta Muslim Rohingya yang lari dari kampung halaman mereka di Rakhine ke Bangladesh karena tindakan persekusi.

Dai waktu yang sama, terdapat sekitar 50.000 pengungsi yang keluar dari Sudan Selatan. Sementara di Suriah, teroris yang disokong oleh pemerintah asing telah membuat negara itu menjadi salah satu dengan pengungsi terbesar di dunia.

“Hampir 1,2 juta pengungsi butuh tempat tinggal,” tukas Grandi, sembari memberitahu kekhawatirannya bahwa hanya kurang dari 100.000 tempat tinggal yang diperkirakan akan siap pada tahun ini. Angka tersebut turun sebanyak  43 persen dibandingkan tahun 2016.

Ia juga mengaku kecewa akan hak-hak pengungsi yang dilanggar oleh beberapa negara, seperti di kawasan Eropa dan AS.

“Penutupan perbatasan, prosedur suaka restriktif, penahanan tidak terbatas dalam kondisi mengerikan… semuanya dilakukan dengan pesat [terhadap pengungsi],” imbuhnya.

Eropa menghadapi gelombang pengungsi yang pesat selama beberapa bulan ke belakang. Para pencari suaka datang dari kawasan konflik di Afrika Utara dan Timur Tengah, khususnya Suriah.

Banyak pihak yang menyalahkan kebijakan pemerintah negara-negara Eropa atas tingginya angka pengungsi. Kebijakan yang dikeluarkan dinilai telah menyebabkan terorisme dan perang di kawasan tertentu dan memaksa banyak orang lari dari tempat tinggal mereka. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL