pengungsi yunaniGenewa, LiputanIslam.com — Perserikatan Bangsa-Bangsa, hari Selasa (8/9), mengatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 30 ribu pengungsi dan pendatang di pulau-pulau Yunani dan 20 ribu dari mereka berada di Pulau Lesbos.

“Tampaknya, selama akhir pekan, jumlah (kedatangan di Yunani) melonjak dan kemudian mereda,” kata Melissa Fleming, juru bicara badan pengungsi PBB, dengan menunjukkan bahwa 30.000 pengungsi berada di kepulauan Yunani.

Lebih dari 4.500 lagi berada di Pulau Kos, yang sebelumnya dilanda bentrokan pendatang dengan polisi Yunani, yang pada bulan lalu menggunakan tangan besi untuk mengendalikan kerumunan.

Fleming mengatakan kepada wartawan bahwa “beberapa ribu” pendatang dan pengungsi tiba di Yunani setiap hari. Banyak dari mereka berusaha menuju utara dengan harapan dapat tinggal di negara Eropa yang lebih makmur, terutama Swedia dan Yunani.

Hal ini menimbulkan ketegangan di perbatasan Makedonia dengan Yunani, dengan polisi dikerahkan dalam upaya untuk menjaga ketertiban.

Fleming mengatakan 7.000 orang masuk ke Makedonia dari Yunani pada hari Senin (7/9). Sementara sekitar 5.600 imigran menyeberang ke Makedonia Kamis pekan lalu, demikian laporan AFP sebagaimana dilansir Antara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL