paus francisRoma, LiputanIslam.com — Paus Franciscus mengkritik birokrasi Vatikan, 3 hari sebelum Natal. Paus menyebut Curia (birokrasi yang mengatur Vatikan) sebagai “menderita alzheimer spiritual” dan “dipenuhi gosip-gosip yang menteror”.

Sebagaimana dilansir BBC News, Selasa (23/12) dinihari, kritikan itu disampaikan oleh Paus Francis dalam pertemuan dengan para kardinal di Clementine Hall, Vatican, Senin (22/12).

Secara keseluruhan Curia, sebut Paus Francis, menderita 15 penyakit yang harus disembuhkan pada tahun baru mendatang. Paus Francis yang juga menjadi Paus pertama dari Amerika Latin ini juga menyindir beberapa pejabat yang dianggapnya “terobsesi dengan pencitraan”, meski tidak disebutkan nama-namanya.

Pada satu kesempatan, Paus bahkan mengeluarkan perkataan yang sangat keras, dengan menyebut beberapa pejabat tinggi gereja “dengan darah dingin telah membunuh reputasi gereja”, seraya membandingkan Curia dengan orkes simponi yang amburadul karena tidak memiliki spirit kerjasama yang tinggi.

BBC menyebut, kondisi Paus saat ini adalah seperti “orang asing” yang harus menghadapi 3.000 aparat birokrasi Curia yang korup yang didominasi orang-orang Italia. “Ia tentu frustrasi dengan pergerakan birokrasi yang lambat,” sebut BBC.

Paus Francis diketahui telah melakukan berbagai terobosan untuk membereskan birokrasi Vatikan, di antaranya membentuk beberapa lembaga baru pembetantas korupsi, mengangkat tim penasihat dan melakukan pembersihan terhadap para pejabat Vatican Bank. Paus juga menginginkan kekuasaan yang lebih besar bagi para uskup di negara-negara di dunia untuk mengimbangi kekuasaan Curia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL