pope.siRoma, LiputanIslam.com — Paus Franciscus menuduh komunisme telah membajak ajaran Kristen. Tuduhan ini menyusul adanya kritikan terhadap dirinya yang menuduhnya sebagai seorang Marksis.

“Saya hanya bisa mengatakan bahwa komunisme telah mencuri bendera Kekristenan. Bendera kaum miskin adalah agama Kristen. Kemiskinan adalah dasar dari Injil,” kata Paus Fransiscus kepada media massa sebagaimana dikutip Russia Today, Senin (30/6).

Pernyataan tersebut disampaikan Paus ketika menjawab pertanyaan wartawan koran Il Messaggero yang menyinggung tuduhan seorang blogger yang dimuat di majalan Economist, yang menyamakan Paus dengan tokoh komunisme karena sering mengkritik faham kapitalisme dan menyerukan reformasi sistem ekonomi global.

Paus Fransiscus juga sering menghimbau orang-orang kaya untuk membagikan sebagian kekayaannya kepada orang-orang miskin.

“Orang-orang komunis mengatakan bahwa semua ini adalah komunisme. Benar, tapi itu 12 abad kemudian. Jadi jika mereka berkata seperti itu lagi, seseorang bisa menjawab: maka Anda adalah seorang Kristen,” kata Paus sambil tertawa.

Paus juga menyebut bahwa seluruh praktik politik di seluruh dunia bercampur aduk dengan korupsi dan suap yang mengakibatkan rusaknya pekerjaan-pekerjaan sosial di masyarakat.

Dalam kaitan dengan doktrin agama, Paus mengatakan bahwa Injil tidak bisa difahami sebelum orang memahami kemiskinan, dan menjadi miskin di hadapan Tuhan berarti miskin dalam spirit.

Beberapa hari lalu Paus Francis mengatakan bahwa keuntungan dari spekulasi keuangan dan komoditas adalah skandal yang menghalangi hak orang-orang miskin atas makanan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL