paus francisRoma, LiputanIslam.com — Paus Franciscus mengisyaratkan akan mengundurkan diri dalam waktu tidak terlalu lama lagi, daripada mempertahankan jabatannya seumur hidup sebagaimana biasanya jabatan Paus.

Seperti dilaporkan BBC News, Minggu (15/3), pernyataan Paus tersebut disampaikan dalam wawancara dengan televisi Mexico, memperingati ulang tahun kedua jabatan yang diembannya itu.

“Perasaan saya, jabatan kepausan saya akan singkat, empat atau lima tahun. Saya tidak tahu pasti, bahkan mungkin 2 atau tiga tahun,” kata Paus dalam wawancara itu.

Sebagai bentuk keseriusannya, Paus Francis memuji langkah pendahulunya yang juga mengundurkan diri saat masih menjadi Paus, yaitu Paus Benedictus yang mundur pada tahun 2013. Ia menyebut keputusan untuk mundur itu sebagai langkah yang “berani”.

“(Paus) Benedictus tidak boleh dianggap sebagai pengecualian melainkan institusi. Mungkin ia akan menjadi satu-satunya Paus yang mundur untuk jangka waktu yang lama, namun mungkin juga ia bukan satu-satunya,” kata Paus asal Argentina dan satu-satunya Paus yang berasal dari benua Amerika itu.

“Namun pintu institusi telah terbuka,” tambahnya kepada  televisi Televisa.

Paus Francis telah lama menyinggung kemungkinan dirinya mengundurkan diri, namun ia menolak ide pembatasan usia seorang Paus.

Paus Francis terpilih menggantikan Benedictus XVI pada tanggal 13 Maret 2013. Ia mengaku terkejut saat mendengar pemilihan dirinya sebagai Paus dan hanya membawa kopor kecil saat terbang ke Roma dengan pikiran ia akan kembali ke Argentina.

“Saya tidak tahu, namun saya rasa Tuhan telah menempatkan saya di sini untuk waktu yang singkat, tidak lebih,” kata Sri Paus.

Ia menyebut, keinginan terbesarnya adalah pergi keluar tanpa dikenali, dan pergi ke kedai pizza.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*