pasukan perancis di maliBamako, LiputanIslam.com — Pasukan khusus Perancis di Mali membunuh komandan kelompok Al Qaida setempat yang dilepaskan dari penjara bulan Desember 2014 sebagai pertukaran tawanan.

Dalam pernyataannya, Selasa (7/7) militer Perancis mengatakan bahwa salah seorang pemimpin kelompok Al-Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM) di Mali bernama Ali Ag Wadossene, tewas dalam operasi militer hari Minggu (5/7) di kota Kidal. Selain itu 2 orang anggota AQIM lainnya juga tertangkap.

“Operasi ini memberikan pukulan keras terhadap kelompok-kelompok teroris di Sahel,” demikian pernyataan militer Perancis, seperti dilansir Press TV, Rabu (8/7).

Menurut laporan tersebut, serangan yang diberi kode ‘Operation Barkhane’ itu berselang beberapa hari setelah 6 anggota pasukan perdamaian PBB asal Burkina Faso tewas akibat serangan AQIM.

Di pihak Perancis sendiri sebanyak 2 orang personil pasukan khusus mengalami luka-luka.

Perancis melakukan invasi di negara Afrika barat itu pada tahun 2013 untuk mengusir kelompok militan yang menduduki wilayah utara Mali yang kaya mineral.

Mali mengaku pada bulan Desember 2014 sebanyak 4 tawanan termasuk Ali Ag Wadossene, telah dilepas dari penjara sebagai penukar pembebasan warga Perancis Serge Lazarevic yang ditawan AQIM. Namun pemerintah Perancis menolak mengakui tukar-menukar tawanan itu.

Operasi militer terhadap Ag Wadossene ini merupakan operasi militer kedua Perancis di Mali dalam beberapa bulan terakhir terhadap AQIM.

Pada bulan Mei lalu pasukan Perancis juga menewaskan komandan AQIM lainnya, Amada Ag Hama, di utara Mali. Ag Hama disebut-sebut bertanggungjawab atas penculikan dan pembunuhan wartawan Perancis Ghislaine Dupont dan Claude Verlon di Mali tahun 2013.

Perancis menempatkan 1.000 pasukan di Mali utara sebagai bagian dari 3.000 pasukan yang ditempatkan di Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger dan Chad. Selain itu sebanyak 11.000 pasukan perdamaian PBB juga berada di Mali sejak bulan Juli 2013.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL