Golan,LiputanIslam.com—Tentara Israel telah mengaktifkan status siaga di Dataran Tinggi Golan setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan akan mengakui kedaulatan Israel atas wilayah itu.

Menurut surat kabar Israel, Maariv, militer Israel telah mengerahkan penembak jitu dan memindahkan amunisi anti huru hara, termasuk tabung gas air mata dan peluru berlapis karet, ke daerah itu.

“Tentara dan polisi sedang mempersiapkan kemungkinan terjadinya demonstrasi oleh orang-orang Suriah,” kata jubir tentara Israel kepada Maariv.

Sementara itu, situs web berita Israel, Wallah, melaporkan bahwa tentara Israel berharap agar di daerah itu terjadi kerusuhan hebat seperti yang terjadi di Jalur Gaza.

Wallah mencatat, adanya ketakutan di pihak tentara Israel terhadap Hizbullah dan Iran yang mungkin akan menggunakan ketegangan untuk melakukan serangan terhadap Israel.

Para pejabat Israel, kata situs web itu, menyampaikan pesan kepada pihak Suriah melalui PBB, memperingatkan Iran dan Hizbullah untuk tidak melakukan serangan apa pun.

Web itu juga memperingatkan Suriah atas aksi demonstrasi yang pernah terjadi tahun 2011 silam. Di saat empat demonstran Suriah terbunuh dan 100 lainnya mengalami luka-luka saat demonstran mencoba melewati perbatasan. (fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*