iraq-army-day-2010-1-6-7-41-29Baghdad, LiputanIslam.com — Militer Irak dan militan pemberontak saling berebut penguasaan atas kota Sulaiman Bek di utara Irak yang strategis. Pasukan Irak, hari Jumat (14/2) berhasil menguasai kembali kota tersebut, hanya beberapa jam setelah dikuasai pemberontak pada hari Kamis malam (13/2).

Dengan dukungan tank-tank dan helikopter tempur, pasukan Irak berhasil merebut kembali kota Suleiman Bek dan dilanjutkan dengan operasi pembersihan dari rumah ke rumah untuk membersihkan kota dari pemberontak.

Laporan-laporan menyebutkan belasan militan tewas dalam operasi tersebut.

Sebelumnya, pada Kamis malam, kelompok-kelompok militan yang berafiliasi dengan Al Qaida seperti Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) berhasil menguasai bagian barat kota tersebut dan 3 desa di sekitar kota.

Serangan pemberontak terhadap kota Bek pernah terjadi juga pada bulan Juli 2013 lalu. Ketika itu militan pemberontak membunuh 14 warga Syiah di jalan raya di dekat kota tersebut. Bulan April lalu pemberontak juga sempat menguasai kota ini untuk sementara.

Pertempuran di kota Bek merupakan bagian dari perang sporadis antara pasukan keamanan Irak yang dibantu milisi-milisi Sunni pro-pemerintah melawan kelompok-kelompok ekstremis terkait Al Qaida, terutama di Provinsi Anbar. Pertempuran hebat kini tengah berlangsung di kota Fallujah setelah pasukan pemerintah berhasil menguasai kembali ibukota Anbar, Ramadi.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL