boko haram4Abuja, LiputanIslam.com — Pasukan gabungan Niger dan Chad melancarkan serangan darat dan udara terhadap kelompok Boko Haram di Nigeria timur-laut hari Minggu (8/3). Demikian keterangan para pejabat.

Seperti dilansir BBC News, Minggu petang (8/3), serangan tersebut merupakan jawaban atas pengumuman kelompok Boko Haram tentang kesetiaan mereka terhadap ISIS, pada hari Sabtu (7/3).

Pengumuman kesetiaan oleh Boko Haram disiarkan secara online oleh ketua kelompok itu, Abubakar Shekau. Pemerintah Nigeria menyebut pengumuman itu sebagai bentuk kepanikan Boko Haram atas tekanan militer yang dilakukan militer Nigeria dan negara-negara sekutunya.

Kelompok Boko Haram telah mengangkat senjata melawan pemerintah Nigeria sejak tahun 2009. Konflik ini semakin meluas setelah Chad, Cameroon dan Niger turut membantu pasukan Nigeria untuk menghentikan pemberontakan Boko Haram. Ribuan orang telah tewas akibat konflik yang ditimbulkan kelompok itu dengan korban terbesarnya adalah warga sipil.

Pada hari Jumat (6/3) organisasi African Union mengumumkan pembentukan pasukan gabungan regional berkekuatan 8.000 pasukan untuk memerangi Boko Haram. Namun operasional pasukan ini hanya dibatasi di daerah sekitar Danau Chad.

Seorang saksi mengatakan dalam offensif hari Minggu itu terdengar tambakan-tembakan senjata berat di dekat perbatasan Niger dan Nigeria. Sementara sebuah stasiun radio lokal melaporkan konvoi lebih dari 200 kendaraan militer yang bergerak ke wilayah itu dan serangan udara telah dilakukan sejak hari Sabtu hingga Minggu pagi.

Militer Nigeria dan sekutu-sekutunya telah mengklaim beberapa kemenangan dalam kampanye anti-Boko Haram yang mereka lancarkan beberapa waktu terakhir.

“Militer kami pasti akan melihat berakhirnya pemberontakan (Boko Haram) di Nigeria,” kata jubir militer Nigeria Kolonel Usman Kukasheka kepada BBC, Minggu (8/3).(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*