gedung putihWashington, LiputanIslam.com — Paspampres AS (Secret Services) membangun pagar baru di kompleks Gedung Putih menyusul terjadinya penyusupan yang menggegerkan para staff dan petugas di Gedung Putih pekan lalu.

Seperti dilaporkan BBC News, Rabu (24/9), pagar baru ini memisahkan Gedung Putih dengan sebuah jalan penghubung yang populer di kalangan turis, penduduk lokal dan para pekerja.

Paspampres menyebut pagar baru itu menciptakan sebuah “kawasan penyangga sementara” sebelum ditentukan langkah pengamanan menyeluruh selanjutnya setelah terjadinya penyusupan itu.

Pagar baru ini mulai didirikan sejak Senin malam (22/9). Namun tidak ada keterangan berapa lama dibutuhkan untuk mendirikan seluruh pagar baru itu.

Sebuah evaluasi kini tengah dilakukan oleh Direktur Secret Service Julia Pierson, yang juga telah memerintahkan “peningkatan patroli dan kemampuan pengamatan” di sekitar Gedung Putih.

Sementarat itu Omar Gonzalez (42 tahun) masih menjalani penahanan terkait dengan aksinya menyusup ke Gedung Putih hari Jumat (19/9) lalu. Penyidik menyebut ia membawa pisau saat melakukan penyusupan dan harus menghadapi tuduhan kejahatan yang serius.

Gonzalez, seorang veteran perang Irak, pada bulan Juli lalu ditahan sementara oleh polisi setelah ditemukan 2 senjata api mematikan, 4 pistol, dan sejumlah senjata dan amunisi lainnya di dalam mobilnya. Sebuah denah Gedung Putih yang telah ditandai juga ditemukan bersama senjata-senjata itu.

Seorang petugas federal mengatakan, agen-agen Secret Service telah menginterogasi Gonzalez dua kali, namun kemudian ia dilepaskan setelah tidak ditemukan bukti yang menunjukkannya sebagai ancaman keamanan.

Presiden Barack Obama dan keluarganya tengah terbang dengan helikopter untuk berlibur di Camp David ketika penyusupan yang dilakukan Gonzales terjadi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL