listrikJakarta, LiputanIslam.com — Perusahaan Listrik Negara menjamin pasokan listrik kepada pelanggan di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang sudah normal hari ini, Selasa (13/5). Juru bicara PLN Distribusi Jakarta-Tangerang, Roxy Swagerino, mengatakan, pemulihan pasokan listrik sudah berangsur-angsur normal sejak dinihari.

“Seluruh wilayah yang terkena pemadaman sudah pulih sekitar pukul 01.00 dinihari,” katanya saat dihubungi, Selasa (13/5).

Sebelumnya, PT Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang mengatakan penghentian sementara aliran listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang disebabkan defisit daya sistem sebesar 600 megawatt. Defisit ini, diakibatkan gangguan pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Karang serta dan Penghantar Petukangan-Gandul. Akibatnya, pasokan listrik ke sebagian wilayah di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Tangerang terputus.

Roxy mengatakan, pemulihan terhadap transmisi listrik di Kembangan dan Gandul sudah dilakukan sejak kemarin sore. Menurutnya, pasokan listrik pun sudah bisa dinikmati pelanggan PLN yang kemarin diputus sementara.

Namun, dia tidak bisa memastikan jika pasokan listrik pada hari ini akan tetap normal atau kembali mengalami pemadaman. Menurutnya, pemutusan aliran listrik yang dilakukan kemarin murni karena terjadi kerusakan pada sistem transmisi yang membuat PLN defisit daya. Roxy hanya bisa memastikan jika pemulihan sistem yang dilakukan PLN sudah membuat suplai listrik berangsur-angsung pulih seperti biasa.

Roxy mengatakan, PLN hanya akan memberikan kepastian kepada pelanggan terkait pemutusan sementara jika dalam kondisi pemadaman bergilir. Adapun untuk kerusakan sistem seperti yang terjadi kemarin merupakan sesuatu yang diluar perkiraan.

“Kalau kerusakan atau gangguan tidak bisa diprediksi, berbeda dengan pemadaman bergilir yang sudah ditentukan waktu dan tempatnya,” ujar dia.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL