midterm-elections-economyWashington DC, LiputanIslam.com — Partai Republik dipastikan menguasai parlemen AS (Senat) setelah berhasil memenangkan pemilihan sela hari Selasa (4/11), sekaligus meningkatkan kekuatan kontrol mereka terhadap pemerintahan Barack Obama yang tinggal 2 tahun lagi.

Sebagaimana laporan BBC News, Rabu (5/11), Partai Republik menang di negara-negara bagian Arkansas, Colorado, Iowa, Montana, North Carolina, South Dakota dan West Virginia, dan lebih banyak suara lagi masih bisa bertambah dari negara-negara bagian lain yang belum selesai penghitungan.

Pemimpin Partai Republik Senator Mitch McConnell, kandidat ketua parlemen mendatang, menanggapi kemenangan itu mengatakan bahwa hasil tersebut merupakan perlawanan rakyat terhadap “pemerintahan yang tidak lagi dipercaya”.

Pemilu sela, yang diselenggarakan di pertengahan masa pemerintahan memperebutkan 1/3 jumlah kursi senat dan seluruh kursi “house of representatif” (mewakili distrik atau wilayah setingkat kabupaten/kota), 36 kursi gubernur dari total 50 gubernur serta sejumlah besar pejabat lokal lainnya.

Selama ini angka kepesertaan pemilih dalam pemilihan sela lebih rendah daripada pemilihan presiden, dan partai pemerintah biasanya mengalami penurunan perolehan suara, menandakan pemerintahan tidak bisa memuaskan pemilihnya.

Selama masa kampanye Partai Republik memfokuskan diri pada para pemilih yang kecewa dengan kepemimpinan Presiden Barack Obama dari Partai Demokrat.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL