Partai-partai-Islam-atau-berbasis-Massa-IslamJakarta, LiputanIslam.com — Partai Islam diperkirakan akan sulit unggul dalam pemilu 2014. Salah satu faktornya adalah partai-partai Islam tidak memiliki tokoh yang dinilai bersih, antikorupsi, dan mau bekerja untuk rakyat.

“Tidak punya tokoh yang bisa mengajukan program yang cukup baik kepada masyarakat,” kata pengamat politik Arbi Sanit usai diskusi di Gedung Ganesa, Pasar Minggu, Jaksel, Kamis (13/2).

Karena alasan itu Arbi menyangsikan kalau partai Islam bisa muncul masuk 3 besar di pemilu mendatang.

“Partai Islam kemungkinan kecil menang,” imbuhnya.

Arbi juga tak yakin kalau kemudian gabungan partai Islam lewat poros tengah akan muncul lagi seperti dahulu. Partai Islam kini dianggap tidak kompak.

“Susah terjadi, karena tiap partai punya pendukung dan tak ingin pendukung kehilangan pegangan. Katakanlah PAN itu Muhammadiyah, PKB itu NU, dan sebagainya. Susah buat koalisi,” tutupnya.

Faktor Korupsi Partai Islam
Sementara itu kasus korupsi yang mengguncang para petinggi PKS benar-benar membuat partai itu terpuruk. Bahkan imbasnya diperkirakan juga merembet ke elektabilitas partai-partai Islam lainnya.

Gambaran tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang dipaparkan di Jakarta, Rabu (12/2). LSJ merupakan salah satu dari 38 anggota Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia.

Survei ini dilakukan sejak tanggal 12-26 Januari 2014 di 33 provinsi. Jumlah respondennya mencapai 1.240 orang melalui metode wawancara tatap muka melalui pedoman kuisioner. Dengan margin error +/- 2,8 persen, tingkat kepercayaan diklaim mencapai 95 persen.

“Kasus korupsi PKS jadi bikin kurang simpatik terhadap partai Islam,” ujar peneliti utama LSJ, Saiful Syam.

Dalam survei tersebut, PKS mendapat tingkat elektabilitas 3,87 persen. PKS berada di bawah PPP, PKB dan PAN. Namun masih di atas PBB dan PKP Indonesia.

Selama ini, lanjut Saiful, PKS menjadi wajah sesungguhnya partai Islam. Makanya kepercayaan publik pun terjun bebas begitu Luthfi yang ditangkap KPK.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL