palestina benderaRoma, LiputanIslam.com — Parlemen Italia menyetujui resolusi yang tidak mengikat untuk mengakui kemerdekaan negara Palestina, menyusul langkah serupa yang diambil oleh parlemen negara-negara Eropa barat.

Resolusi tersebut disetujui hari Jumat (27/2) dengan suara 300 mendukung dan 45 menolak. Demikian seperti dilansir Press TV.

Langkah bagi pengakuan kedaulatan Palestina itu diajukan oleh partainya Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, Democratic Party.

Sebelumnya, di bulan Februari ini, parlemen Belgia juga telah menyetujui resolusi bagi pengakuan kedaulatan negara Palestina. Namun baru pemerintah Swedia, negara Eropa barat utama pertama, yang secara resmi mengakui kedaulatan Palestina.

Pada bulan Desember 2014, parlemen Perancis juga telah mengambil langkah yang sama untuk mengakui kemerdekaan Palestina, meski belum diikuti oleh pemerintahnya. Langkah tersebut menyusul langkah parlemen Spanyol pada bulan November 2014 yang juga menyetujui resolusi tidak mengikat untuk mengakui kemerdekaan Palestina.

Parlemen Inggris dan Irlandia telah melakukan langkah yang sama sebelumnya.

Pada tanggal 29 November 2012, 193 anggota SU PBB menyetujui peningkatan status Palestina menjadi negara pengamat bukan anggota.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL