Tel Aviv, LiputanIslam.com—Para anggota DPR Israel (Knesset) memutuskan untuk membubarkan parlemen dan melakukan pemilu baru akibat keterlembatan PM Benjamin Netanyahu membentuk kabinet penguasa.

Para Knesset para hari Rabu (29/5) kemarin memberi suara 74 lawan 45 untuk membubarkan diri sendiri. Pemilu diperkirakan akan diselenggarakan pada bulan September mendatang.

Netanyahu baru-baru ini memenangkan periode kelimanya pada pemilu April setelah Partai Likud berhasil merebut 35 dari 120 kursi Knesset. Dia diberi tenggat waktu hingga hari Rabu pukul 21.00 waktu setempat untuk membentuk kabinet yang mengendalikan setidaknya 61 kursi di 120 anggota parlemen.

Namun, meskipun negosiasi telah berlangsung berminggu-minggu, Netanyahu gagal menjembatani perselisihan antara kelompok agama dan sekuler di dalam koalisi. Keloompok-kelompok itu ialah partai ultra-Ortodoks dan partai Yisrael Beiteinu. Yisrael Beiteinu dipimpin oleh mantan Menteri Hubungan Militer, Avigdor Lieberman, yang sekuler. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*