Pimpinan ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi.

Mosul,LiputanIslam.com—Parlemen Irak menyatakan, seperti dikutip oleh Tasnim News pada Rabu (27/2) bahwa pimpinan ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi berada di bawah perlindungan Amerika Serikat.  Hassan Salim mengatakan bahwa Baghdadi telah memilih daerah gurun sebagai tempat yang aman bagi dirinya sendiri.

“Militer AS telah menyediakan segala cara untuk mendukung gerakan al-Baghdadi di Irak dan Suriah,” katanya.

Parlemen Irak melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemimpin ISIS berada di bawah perlindungan penuh pasukan Amerika di Anbar.

Militan ISIS membuat kemajuan cepat di sebagian besar Irak utara dan barat selama musim panas 2014, setelah berhasil menguasai wilayah Suriah utara.

Namun, kombinasi serangan terkonsentrasi oleh militer Irak dan pasukan sukarelawan, yang bergegas untuk mengambil senjata setelah ulama terkemuka Irak, Ayatollah Ali al-Sistani, mengeluarkan fatwa yang menyerukan perang melawan para militan, berhasil menumpulkan ujung perlawanan ISIS dan kemudian memaksa mereka untuk menarik diri dari wilayah yang mereka tempati.

Pada November 2017, kekhalifahan ISIS runtuh setelah pasukan bersenjata Suriah dan Irak berhasil merebut kembali benteng terakhir kelompok teror di dua negara Arab tersebut.(fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*