parlemen eropaStrasbourg, LiputanIslam.com — Parlemen Uni Eropa “secara prinsip” mengakui kemerdekaan negara Palestina. Keputusan diambil melalui voting di Strasbourg, Rabu (17/12).

Sebagaimana laporan BBC News, pengakuan terhadap negara Palestina didukung oleh 498 anggota Parlemen Eropa dan hanya 88 anggota yang menentangnya dengan 111 anggota lainnya memilih abstein.

Sebelumnya pada hari Selasa (16/12) parlemen gagal mengambil keputusan tentang isu ini, namun pada sidang sehari kemudian dan setelah melalui lobi-lobi intensif, parlemen berhasil mengadopsi resolusi pengakuan terhadap Palestina dengan menyertakan kata “secara prinsip”.

“Parlemen Eropa mendukung secara prinsip negara Palestina dan solusi 2 negara (Palestina dan Israel), dan percaya bahwa hal ini harus berjalan bersama dengan perundingan damai, yang harus berjalan maju,” demikian resolusi itu menyebutkan.

Parlemen Eropa juga menekankan dukungannya pada solusi 2 negara berdasar pada perbatasan sebelum tahun 1967 dengan Jerussalem sebagai ibukota kedua negara. Di sisi lain Parlemen Eropa juga menentang keras aksi-aksi kekerasan yang dilakukan kedua pihak.

Beberapa negara dari 28 anggota Uni Eropa sebelumnya telah mengakui secara penuh negara Palestina, termasuk Swedia dan beberapa Eropa Timur bekas sekutu Uni Sovyet.

Langkah Parlemen Uni Eropa ini berlangsung saat Palestina tengah mengajukan tuntutan kepada Dewan Keamanan PBB untuk memerintahkan penarikan Israel dari Jerussalem Timur dan Tepi Barat sesuai perbatasan sebelum tahun 1967, selambat-lambatnya dalam 2 tahun.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL