pemerintah libyaTripoli, LiputanIslam.com — Kepala pemerintahan bentukan kelompok milisi Islam Fajar Libya yang berbasis di Tripoli dipecat oleh parlemen.

General National Congress (GNC), parlemen bentukan kelompok Fajar Libya setelah kelompok itu merebut kota Tripoli bulan Juli 2014, memilik untuk memecat Omar al-Hassi karena dianggap gagal memimpin pemerintahan.

“Kepala pemerintahan dipecat oleh parlemen melalui pemungutan suara hari Selasa (31/3), keputusan itu didukung oleh para menteri,” kata seorang anggota parlemen senior, Selasa (31/3), seperti dilansir Press TV.

Sebagai pengganti al-Hassi, parlemen menunjuk Mohammed Khalifa al-Guwail, seorang wakil ketua parlemen, untuk membentuk pemerintahan baru dalam waktu sebulan.

Hassi, seorang ahli politik dari University of Benghazi, ditunjuk oleh GNC untuk membentuk pemerintahan pada bulan Agustus 2014 lalu. Namun ia mendapat kritikan tajam karena gagal membersihkan menteri-menteri yang korup.

Libya memiliki 2 pemerintahan, selain bentukan kelompok Fajar Libya di Tripoli terdapat pemerintahan yang diakui internasional yang berbasis di Bayda, sekitar 160 kilometer timur-laut kota Benghazi di Libya timur.

Upaya perdamaian telah dilakukan oleh PBB untuk menyatukan kedua pemerintahan itu selama beberapa bulana terakhir, namun sejauh ini tidak membuahkan hasil.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL