peringatan perang dunia iParis, LiputanIslam.com — Pemimpin negara-negara Eropa, Perancis, Jerman dan Inggris, memperingati terjadinya Perang Dunia I seratus tahun yang lalu.

Sebagaimana dilaporkan BBC, hari Minggu (3/8) Presiden Perancis Francois Hollande bersama Presiden Jerman Joachim Gauck memperingati 100 tahun deklarasi perang Jerman kepada Perancis, di Alsace. Sedang hari Senin (4/8) PM Inggris David Cameron, Kanselir Jerman Angela Markel dan para pemimpin Eropa memperingati deklarasi perang Inggris terhadap Jerman, di Liege, Belgia.

Francois Hollande dan Joachim Gauck memanfaatkan peringatan perang tersebut sebagai perekab hubungan kedua negara Perancis dan Jerman.

“Sejarah antara Perancis dan Jerman membuktikan bahwa kebaikan mengalahkan kematian, dan bahwa rakyat yang menganggap diri mereka sebagai pewaris permusuhan, dalam beberapa tahun, mampu menyatukan perbedaan,” kata Hollande dalam sambutannya.

Hollande juga menambahkan bahwa persahabatan antara kedua negara adalah “contoh bagi dunia, satu kekuatan dan satu undangan, dimana perdamaian terancam, dimana HAM dilanggar, dan dimana prisip-prinsip hukum internasional direndahkan.”

Hollande juga menggunakan kesempatan itu untuk menyerukan masyarakat internasional untuk “mendorong gencatan senjata di Gaza demi menghentikan penderitaan rakyat sipil”.

Hollande dan Gauck juga melakukan upacara peletakan batu pertama pembangunan Great War Memorial and Exhibition Centre yang akan dibuka tahun 2017.

Pada hari Senin (4/8), keduanya pergi ke Liege, dimana para kepala negara seluruh Eropa memperingati perang yang membesar setelah Inggris mengumumkan perang kepada Jerman, setelah Jerman menyerbu Belgium.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL