France_D_Day_Anniversary_apParis, LiputanIslam.com — Para pemimpin dunia berkumpul di Perancis hari Jumat (6/6), untuk memperingati Hari Pendaratan Normandia, tahun 1944, atau yang dikenal sebagai Pendaratan D-Day.

Presiden AS Barack Obama, PM Inggris David Cameron, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin adalah di antara pemimpin dunia yang hadir dalam peringatan pendaratan ratusan ribu pasukan sekutu untuk mengalahkan pasukan Jerman tersebut.

Ratu Inggris Elizabeth II juga hadir bersama ratusan veteran Perang Dunia II lainnya. Sang Ratu adalah veteran perang yang bekerja sebagai pengendara truk militer saat peristiwa pendaratan besar-besaran itu terjadi.

Pendaratan Normandia dimana pasukan sekutu yang sebagian terbesar berasal dari Inggris, AS, Kanada dan Australia untuk menjadi titik balik terpenting dalam Perang Dunia II selain Pertempuran Stalingrad setahun sebelumnya.

Pada hari pertama pendaratan, tanggal 6 Juni 1944, lebih dari 156.000 pasukan sekutu melintasi Selat Chanel dan mendarat di Pantai Normandia, Perancis. Sekitar 10.000 di antara mereka tewas atau terluka saat pendaratan.

Selain upacara utama, masing-masing negara partisipan perang juga menyelenggarakan upacara terpisah untuk menghormati korban perang dari negara mereka. Barack Obama ditemani Presiden Perancis Francois Hollande mengadakan upacara penghormatan di taman makam pahlawan (TMP) Amerika di Colleville-sur-Mer. Di tempat itu sebanyak 9.387 prajurit AS tewas dalam pertempuran.

Sementara Ratu Inggris bersama suaminya Pangeran Philip dan Putra Mahkota Pangeran Charles mengikuti upacara di TMP Bayeux War Cemetery, pemakaman korban perang sekutu terbesar di Perancis.

Pertunjukan kembang api digelar di sepanjang Pantai Normandia pada Kamis malam (5/6). Ribuan orang mengikuti seluruh jalannya upacara.

Manuver Diplomatik
Peringatan Pendaratan Normandia diliputi oleh nuansa konflik Ukraina yang tengah memanas antara AS dan sekutu Eropanya dengan Rusia. Putin bahkan “dikucilkan” dalam pertemuan G7 di Brussel menjelang peringatan di Perancis. Dan meski Putin dan Obama berada di tempat yang sama selama upacara peringatan, keduanya tidak mengadakan pertemuan resmi.

Hollande mengadakan jamuan secara terpisah dengan Obama dan Putin, Kamis malam.

Peringatan Pendaratan Normandia juga dihadiri oleh Presiden terpilih Ukraina Petro Poroshenko. Namun seperti Obama, ia juga tidak mengadakan pertemuan dengan Putin.

Dalam konperensi pers hari Kamis, Barack Obama mengatakan bahwa negara-negara G-7 sepakat untuk memberikan dukungan bagi Ukraina dan mendesak Rusia untuk menghentikan dukungannya terhadap gerakan separatis Ukraina timur.

“Rusia memiliki kesempatan untuk kembali ke hukum internasional. Jika tidak mereka harus mempersiapkan langkah-langkah ke depan, termasuk berhubungan dengan presiden baru Ukraina, menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina dan menghentikan dukungan bagi separatis,” kata Obama.

Poroshenko yang berhasil memengkan pemilu tanggal 25 Mei lalu akan dilantik hari Sabtu ini (7/6).(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL