mobil menteri kabinet Jokowi (foto:merdeka.com)

mobil menteri kabinet Jokowi (foto:merdeka.com)

Jakarta, LiputanIslam.com–Para Menteri dalam Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya berangkat ke kantor mereka dengan mobil bekas. Mobil bermerek Toyota Crown Royal Saloon itu adalah mobil bekas menteri era Presiden SBY. Pasalnya, Jokowi memang meminta para menterinya untuk menggunakan mobil lama dengan alasan efisiensi anggaran.

Pada bulan September 2014, muncul polemik antara Mensesneg, Sudi Silalahi dengan Jokowi. Saat itu, Sudi sudah memutuskan untuk membeli mobil baru bagi para menteri era Jokowi. Menurutnya, sudah menjadi tugas pemerintahan SBY untuk menyediakan kendaraan bagi para menteri  Jokowi. Masalah nanti dipakai atau tidak, menurut Sudi, itu urusan pemerintah selanjutnya.

Berdasarkan dokumen hasil lelang yang dilansir laman setneg.go.id, PT Mercedes Benz Indonesia dinyatakan sebagai pemenang lelang pengadaan mobil dinas menteri dengan harga penawaran setelah klarifikasi dan negosiasi teknis senilai Rp91.944.000.000.

Namun akhirnya, setelah ditolak oleh Jokowi, Setneg mengalah dan mengeluarkan siaran pers pada Rabu (10/9/2014).

“Pemilihan kendaraan dinas bagi para menteri/pejabat setingkat menteri utamanya terkait dengan jenis, harga dan spesifikasinya, diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintahan mendatang,” demikian siaran pers tersebut.

Pada era Kepresidenan SBY periode pertama (2004-2009), para menteri diberi mobil Toyota Camry V6. Pada periode berikutnya (2009-2014), negara menyediakan Toyota Crown untuk para menteri dan pemimpin lembaga tinggi negara. Harga aslinya  sekitar Rp 700 juta, namun saat tiba di Indonesia harganya bisa berlipat hingga di atas Rp 1 miliar. Sebab, produsen tidak menanggung ongkos kirim dan pajak.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL