menlu macan asiaSeoul, LiputanIslam.com — Tiga ‘Macan Asia’ yang menjadi kekuatan ekonomi dan politik utama di kawasan Asia Timur, Cina, Korsel dan Jepang, menggelar pertemuan di Seoul, Sabtu (21/3).

Menlu Jepang Fumio Kishida, Menlu Cina Wang Yi dan Menlu Korsel Yun Byung-Se bertemu di Istana Kepresidenan Korsel, Israna Biru, didampingi Presiden Korsel Park Geun-Hye.

Ini adalah pertemuan Menteri Luar Negeri ketiga negara yang pertama sejak 3 tahun yang lalu. Pertemuan ini ditujukan untuk mengurangi ketegangan terkait perselisihan teritorial dan diplomatik antara ketiga negara itu, demikian seperti dilansir BBC News.

Ketiga negara memiliki hubungan ekonomi yang kuat, namun hubungan diplomatik ketiganya mengalami ganjalan akibat sejumlah isu yang terbentang hingga masa Perang Dunia II, dimana Jepang menginvasi kedua tetangganya itu.

Jubir Kemenlu Cina mengatakan negaranya berharap ketiga menteri yang bertemu bisa “melihat masa depan”.

Pertemuan terakhir menteri luar negeri ketiga negara berlangsung bulan April 2012 sebagai bagian dari pertemuan rutin tahunan yang ke-enam. Namun setahun kemudian pertemuan serupa dibatalkan setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membuat marah Cina dan Korsel setelah melakukan kunjungan kehormatan di pemakaman prajurit-prajurit Jepang yang gugur dalam Perang Dunia II, dimana di antara mereka adalah para penjahat perang.

Menlu Jepang Kishida menemui Menlu Korsel sebelum pertemuan ketiga Menlu, dan mengatakan bahwa “kedua negara harus melanjutkan komunikasi di segala tingkat demi memperkuat kerjsama”.

BBC melaporkan, pertemuan ini mengindikasikan ketegangan yang terjadi tiga tahun lalu telah mereda dan akan menjadi langkah tentatif bagi dialog formal berikutnya.

Sementara itu AS menganggap pertemuan ini penting, terutama untuk mengakhiri ketegangan antara 2 sekutu utamanya di kawasan, Jepang dan Korsel. Minggu lalu Asisten Menlu Daniel Russel mendeskripsikan ketegangan antara Jepang dan Korsel sebagai “kelemahan strategis”.

Pertemuan tersebut terjadi beberapa hari setelah Jepang dan Cina menggelar pertemuan tingkat tinggi pertema di bidang keamanan, dalam empat tahun terakhir.

Beberapa laporana menyebutkan bahwa pembicaraan ketiga Menlu tersebut berpusat pada pembentukan saluran telpon maritim langsung antara ketiga negara, menyusul terjadinya ketegangan terkait status pulau-pulau sengketa di Laut Cina Timur.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*