mahasiswa sussex inggrisLondon, LiputanIslam.com — Para mahasiswa University of Sussex, Inggris, mendukung gerakan boikot produk-produk Israel di kampus mereka sebagai bentuk protes atas penindasan Israel di Gaza, khususnya serangan Israel atas Gaza pertengahan tahun lalu.

Seperti dilansir Russia Today, dukungan tersebut termanifestasikan melalui referendum yang digelar organisasi kemahasiswaan, Senin kemarin (30/3). Dengan hasil referendum tersebut maka unit-unit kemahasiswaan seperti toko-toko dan kantin-kantin mahasiswa dilarang membeli produk-produk buatan Israel.

Selain itu, dengan hasil referendum itu para mahasiswa akan meningkatkan lobi ke pihak rektorat agar gerakan boikot itu juga diikuti oleh seluruh universitas.

Referendum itu menunjukkan 806 mahasiswa, atau sekitar 68 persen dari seluruh suara yang dihitung, mendukung boikot produk-produk Israel. Hanya 373 mahasiswa yang menentang gerakan tersebut.

Langkah para mahasiswa University of Sussex tersebut mengikuti para mahasiswa School of Oriental and African Studies (SOAS) di London bulan ini, yang juga mendukung gerakan boikot produk-produk Israel dan kerjasama dengan Israel.

Berbicara kepada Russsia Today, Roua Naboulsi, mahasiswa yang aktif dalam gerakan boikot Israel, mengatakan bahwa aksi penggelaran referendum tersebut sangat melelahkan. Namun ia puas dengan hasilnya.

“Kami terus-menererus berkampanye. Kami berada di kampus setiap hari selama 5 jam,” katanya.

Naboulsi (20 tahun) menambahkan bahwa bagian paling berat adalah memberikan penyadaran kepada para mahasiswa.

“Masih banyak orang yang tidak mengetahui apa yang terjadi di Palestina,” katanya, seraya menambahkan bahwa gerakan mendukung Palestina telah meningkat tajam setelah terjadinya serangan Israel di Gaza tahun lalu.

Di antara bagian kampanye yang dilakukan Naboulsi dan kawan-kawan adalah menuliskan nama 2.000 warga Palestina yang menjadi korban agresi Israel di Gaza.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*