cernBern, LiputanIslam.com — Para ilmuan di laboratoriun partikel CERN di perbatasan Perancis-Swiss berhasil membuktikan keberadaan 2 partikel sub-atom baru. Kedua partikel itu terdiri dari 4 quark (partikel sub-atom terkecil yang berhasil ditemukan manusia) yang terikat oleh satu gaya yang kuat.

Kedua partikel itu sebelumnya telah ditemukan secara teori dengan teori Model Standar fisika partikel. Penemuan partikel baru itu diumumkan CERN hari Rabu(19/11) dan laporannya dikirim ke jurnal ilmiah bergengsi “Physical Review Letters”. Demikian laporan Russia Today, Rabu.

Meski kedua partikel itu berhasil dibuktikan secara teori, keduanya, disebut dengan nama Xi_b’- dan Xi_b*-, belum pernah terlihat secara nyata oleh para ilmuan hingga akhirnya berhasil dibuktikan oleh CERN.

Sebelum ini, partikel lain yang terkait yang diberi kode Xi_b*0 berhasil ditemukan oleh CERN pada tahun 2012.

“Alam telah bersikap baik kepada dengan menghadiahi kami 2 partikel dalam satu paket,” kata Matthew Charles dari CERN.

Untuk menemukan partikel super-kecil itu para ilmuan CERN harus membuat mesin pemercepat partikel berukuran raksasa, ratusan meter di bawah permukaan bumi di bawah pegunungan Alpen di perbatasan Perancis-Swiss. Mesin itu berupa tabung lingkaran dengan keliling sepanjang 17 km.

CERN yang didirikan tahun 1954 adalah laboratorium penelitian partikel yang dimiliki bersama oleh 21 negara Eropa plus Israel. Salah satu penemuan besar lainnya oleh para ilmuan CERN adalah internet.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL