pangeran william di cinaBeijing, LiputanIslam.com — Salah satu calon pewaris tahta Inggris paling populer, Pangeran William atau dikenal dengan gelar ‘The Duke of Cambridge’, bertemu Presiden Cina Xi Jinping, Senin (2/3). Pertemuan ini merupakan bagian penting dari kunjungan Pangeran Williams dan menjadi kunjungan pertama keluarga kerajaan Inggris selama hampir 30 tahun.

Dalam pertemuan itu Presiden Cina menyebut Keluarga Kerajaan Inggris telah memberikan kontribusi positif bagi hubungan kerjasama Cina-Inggris. Sementara Pangeran William menyerahkan surat undangan dari Ratu Elizabeth kepada Presiden Xi untuk berkunjung ke Inggris pada tahun ini. Demikian sebagaimana dilansir BBC News.

Pertemuan kedua tokoh penting itu berlangsung di Gedung Agung Rakyat (Great Hall of People) di Beijing. Keduanya dilaporkan juga berbicara tentang sepakbola, yang merupakan olahraga kegemaran keduanya.

BBC News menyebutkan kunjungan Pangeran Williams membawa misi memperkenalkan ‘Inggris Baru’, dan penghentian perdagangan satwa liar yang menjadi obyek sorotan internasional terhadap Cina. Williams juga mengadakan kunjungan tempat-tempat paling terkenal di Cina.

Pangeran William yang dikenal sebagai aktifis kampanye anti-perdagangan satwa liar internasional menjadi anggota keluarga kerajaan penting terakhir yang berkunjung ke Cina setelah kunjungan Ratu Elizabeth II tahun 1986.

Sementara calon pewaris tahta dan Putra Mahkota Pangeran Charles tidak pernah berkunjung ke Cina. Ia pernah mengkritik para pejabat Cina sebagai ‘patung lilin tua yang menjijikkan’ dalam buku hariannya yang ditulis tahun 1997, saat Inggris menyerahkan Hongkong kepada Cina. Charles juga pernah menerima kunjungan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet yang dianggap sebagai musuh Cina.

Editor BBC Carrie Gracie menyebut kunjungan itu menunjukkan peningkatan hubungan kedua negara yang kini berfokus pada hubungan bisnis setelah bertahun-tahun keduanya terlibat perselisihan politik internasional.

“Keluarga Kerajaan Inggris memiliki pengaruh besar, tidak saja di Inggris, namun juga di dunia. Selama bertahun-tahun Keluarga Kerajaan Inggris telah menunjukkan minat dan dukungan bagi hubungan Cina-Inggris,” kata Presiden Xi Jinping.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*