murid muslim denmarkKopenhagen, LiputanIslam.com — Sebuah sekolah kuliner Denmark dijatuhi hukuman denda sebesar $6.000 oleh pengadilan setelah terbukti memaksa seorang muridnya yang Muslim untuk mencicipi masakan babi.

Kantor berita Russia Today melaporkan Ahad lalu (10/5) bahwa pelajar perempuan berusia 24 tahun asal Libya itu adalah murid sekolah kuliner Holstebro Culinary School di kota Holstebro.

Kepada media lokal Politiken, pelajar yang tidak disebutkan identitasnya itu mengaku bahwa para pejabat sekolah tersebut memerintahkannya untuk mencicipi masakan yang dimasaknya seperti murid-murid lainnya. Namun ia menolak karena masakan tersebut mengandung babi.

Karena ia terus dipaksa, maka ia merekam seluruh pembicaraan tersebut sebelum akhirnya mengikuti perintah. Rekaman itulah yang kemudian dijadikan barang bukti di pengadilan.

Atas tindakan itu, ia mengajukan tuntutan ke Equal Treatment Board, atau lembaga pengadilan HAM setempat. Lembaga itu mengabulkan tuntutan tersebut dan memerintahkan sekolah untuk membayar denda 75.000 krone karena dianggap telah melakukan ‘kerusakan moral’.

Sekolah tersebut mengajukan banding dan berhasil menurunkan denda yang harus dibayarnya menjadi hanya 40.000 krone, atau setara $6.000.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL