pakistanMIssile_2341728bMoskow, LiputanIslam.com — Pakistan sukses melakukan ujicoba rudal darat-ke-darat jarak dekat Hatf IX (NASR) yang mampu membawa kepala nuklir. Demikian pernyataan pemerintah Pakistan, Jumat (26/9), sebagaimana dilaporkan oleh media Rusia RIA Novosti.

“Ujicoba peluncuran dilakukan dengan peluncuran berurutan 4 rudal dari peluncur roket canggih Multi Tube Launcher dengan mode Salvo. NASR, dengan daya jangkau 60 km dan dengan kemampuan manuver udara adalah sistem reaksi cepat, dengan kemampuan “tembak dan meluncur”. Ini memberikan dampak penuh bagi daya gentar melawan segala ancaman,” demikian pernyataan badan informasi nasional Pakistan (ISPR) yang dirilis di situs resminya.

Ujicoba tersebut disebutnya sebagai “batu penanda kemampuan militer Pakistan”.

Uji coba tersebut mendapat sambutan hangat Presiden Pakistan Mamnoon Hussain serta Perdana Menteri Nawaz Sharif. Mereka mengucapkan selamat kepada seluruh anggota tim yang berpartisipasi dalam ujicoba itu baik dari kalangan sipil maupun militer.

Pakistan dinyatakan sebagai negara berkemampuan nuklir sejak tahun 1998 setelah berhasil melakukan ujicoba ledakan nuklir bawah tanah, menyusul India yang terlebih dahulu melakukannya. Sejak itu kedua negara bertetangga itu terlibat dalam “perlombaan” program senjata rudal dan nuklir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL