talibanIslamabad, LiputanIslam.com — Militer Pakistan mengklaim telah menewaskan 32 anggota kelompok militan, termasuk beberapa komandan kelompok militan, melalui serangan udara.

Sebagaimana dilaporkan BBC hari ini (21/5), militer Pakistan menyebut serangan udara tersebut dilakukan atas beberapa target di dekat perbatasan Afghanistan terutama di Provinsi Waziristan.

Puluhan ribu orang telah tewas akibat aksi-aksi pemboman yang dilakukan kelompok-kelompok militan sejak Taliban melancarkan kampanye melawan pemerintah pada tahun 2007. Sebaliknya serangan-serangan militer juga dilakukan pemerintan untuk memburu para militan. Namun dalam beberapa bulan terakhir pemerintah juga berusaha melakukan perundingan dengan para militan.

“Sebelum melancarkan serangan udara, kami telah memastikan informasi inteligen tentang persembunyian kelompok-kelompok militan dan komandannya,” kata seorang perwira militer senior di Miranshah, sebagaimana dikutip Reuters.

Militer dalam pernyataannya juga menyebut serangan ditujukan kepada kelompok yang bertanggungjawab atas serangan terhadap militer Pakistan.

Setidaknya 9 tentara Pakistan tewas dan beberapa lainnya menderita luka serius dalam serangan terakhir militan beberapa har lalu.

Menurut laporan BBC, selama tahun ini militer Pakistana telah beberapa kali menggelar serangan udara, namun kali ini adalah yang terbesar.

Waziristan Utara, satu dari 7 provinsi di barat-laut Pakistan yang sulit dikendalikan pemerintah, merupakan basis utama kelompok-kelompok militan yang terkait dengan Taliban dan al-Qaeda.

Pada bulan Februari lalu perundingan anatara pemerintah dan kelompok-kelompok militan mengalami jalan buntu dan gencatan senjata anatara keduanya berakhir tanpa hasil pertengahan April lalu.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL