pakistan-army-670Islamabad, LiputanIslam.com — Militer Pakistan mengklaim berhasil menghancurkan basis-basis kekuatan kelompok militan di Waziristan utara. Pada saat yang sama, Senin (30/6) angkatan darat Pakistan mulai melancarkan serangan darat.

Militer Pakistan juga mengklaim berhasil menewaskan 370 militan dalam serangan udara yang berlangsung selama 2 minggu. Demikian laporan BBC.

Militer Pakistan melakukan offensif besar-besaran sebagai balasan atas aksi serangan kelompok militan Taliban atas bandara internasional Jinnah Karachi bulan lalu yang menewaskan puluhan aparat keamanan dan petugas bandara.

Dalam konperensi pers, Selasa (1/7), jubir militer Pakistan mengatakan bahwa militer mentargetkan para teroris dari kelompok manapun. Sebagaimana diberitakan, kelompok Taliban Pakistan baru saja mengalami perpecahan dengan salah satu faksi utama memisahkan diri setelah kepemimpinan Taliban Pakistan direbut oleh faksi lain.

Faksi militan lainnya adalah kelompok Haqqani yang memiliki hubungan dekat dengan dinas inteligen Pakistan.

Berbagai laporan menyebutkan sebagian besar kelompok militan itu telah meninggalkan basis mereka sebelum dilakukannya serangan.

Sebagian pengamat mempercayai militer Pakistan melindungi beberapa faksi kelompok militan yang sering melakukan serangan di wilayah Afghanistan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL