pakistan taliban talkIslamabad, LiputanIslam.com — Pemerintah Pakistan akhirnya menghentikan perundingan dengan kelompok Taliban sebagai respon atas aksi-aksi kekerasan yang masih terus terjadi di wilayah basis kelompok-kelompok militan.

Penghentian tersebut dilakukan Pakistan hari Senin (17/2), pada hari sama delegasi 4 pejabat Pakistan dijadwalkan bertemu dengan delegasi kelompok Taliban Pakistan.

Menurut ketua delegasi pemerintah Pakistan, perundingan tidak lagi berguna setelah kelompok militan membunuh 23 tentara Pakistan yang diculik.

“Adalah menyedihkan bahwa kita tidak berjalan ke arah yang benar,” kata ketua delegasi Pakistan dalam perundingan dengan Taliban, Irfan Siddiqui, menyusul pernyataan Taliban tentang pembunuhan tentara-tentara Pakistan tersebut.

Kelompok Taliban menyebutkan aksi pembunuhan terhadap para tentara yang tertawan tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan anggota-anggota Taliban oleh aparat keamanan Pakistan.

Perdana Menteri Nawaz Sharif sendiri mengutuk keras eksekusi massal atas aparat keamanan Pakistan tersebut.

“Insiden tersebut menimbulkan dampak buruk bagi perundingan setelah sebelumnya mereka mulai memberikan solusi damai,” kata Sharif.

Sebelumnya suara-suara negatif telah banyak disampaikan oleh berbagai pihak di Pakistan atas pembicaraan yang dilakukan pemerintah dengan kelompok ekstremis Pakistan, termasuk dari kelompok-kelompok masyarakat Syiah yang sering menjadi sasaran aksi-aksi kekerasan oleh para militan Taliban. Mereka menganggap pemerintah tidak patut berunding dengan para penjahat teroris.

Putra mantan perdana menteri Benazir Bhutto, Bilawal Bhutto Zardari, misalnya, mendesak pemerintah untuk melakukan tindakan keras untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan para ekstremis.

Sejak tahun 2001, atau setelah Pakistan bergabung dengan kampanye anti-terorisme yang digalang Amerika, Pakistan terus dilanda aksi-aksi kekeraran yang telah menewaskan setidaknya 50.000 orang.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL