hate crimeWashington DC, LiputanIslam.com — Organisasi Islam terbesar di AS, CAIR, hari Minggu (15/2) menyerukan dilakukannya penyelidikan atas dugaan kejahatan kebencian (hate crimes) atas insiden vandalisme yang dialami oleh sebuah sekolah Muslim di Rhode Island, akhir pekan lalu.

CAIR mendesak agar otoritas hukum  AS “menetapkan tuduhan terberat” atas pelaku kejahatan tersebut setelah tertangkap. Demikian seperti dilansir kantor berita Iran Press TV, Senin (16/2).

Akhir pekan lalu pelaku vandalisme mendobrak masuk ke sekolah Islamic School of Rhode Island di West Warwick, dan kemudian menyemprotkan graffiti berisi kalimat-kalimat bernada pelecehan di dinding sekolah itu.

Menurut kepala kepolisian West Warwick Police, Kapten Donald Archibald, graffiti tersebut di luar batas kewajaran dimana pelakunya menulis kata-kata yang “kebencian dan tidak berperasaan”.

“Serangan-serangan anti-Muslim akhir-akhir ini harus mendapat perhatian dari pemimpin negara ini,” kata Direktur CAIR Ibrahim Hooper dalam keterangannya.

Menurut Hooper, kaum Muslim di AS percaya bahwa pembunuhan terhadap 3 warga Muslim di Karolina Utara minggu lalu juga bentuk kejahatan kebencian terhadap Islam.

Hari Selasa (10/2) seorang warga kulit putih AS menembak mati 3 mahasiswa Muslim AS Deah Shaddy Barakat (23 tahun), istrinya Yusor Mohammad Abu-Salha  (21 tahun) dan adik perempuannya Razan Mohammad Abu-Salha (19 tahun) di dekat kempus University of North Carolina kampus Chapel Hill.

Pelaku dalam akun media sosial miliknya mengklaim sebagai penganut atheisme dan keluarga korban menuduh aksi penembakan itu didasari oleh kebencian terhadap Islam. Sementara istri pelaku mengklaim penembakan itu adalah karena masalah perselisihan tempat parkir.

“Silakan diselidiki dan melakukannya dengan hati-hati. Saya telah berbicara dengan pengacara dan ahli hukum. Ini adalah kejahatan kebencian yang nyata,” kata ayah korban Abu-Salha kepada wartawan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL