petrobrasBrazilia, LiputanIslam.com — Bendahara partai penguasa Brazil yang dikenal dekat dengan Presiden Dilma Rousseff ditangkap aparat penagak hukum karena dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi yang menimpa perusahaan migas Petrobras.

Joao Vaccari diduga kuat terlibat skema pemberian komisi kepada Partai Pekerja dari proyek-proyek konstruksi yang dilakukan Petrobras. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Rabu (15/4) petang.

Vaccari dikenal dekat dengan Presiden Dilma Rousseff dan menjadi orang terdekat presiden yang ditangkap dalam kasus mega-korupsi yang melibatkan Petrobras dengan pengausa. Ia telah mengundurkan sementara dari jabatannya di Partai Pekerja, namun membantah tuduhan terhadap dirinya. Demikian juga Partai Pekerja yang membantah tuduhan tersebut.

Penangkapan ini semakin menyulitkan Rousseff yang mengalami penurunan popularitas sejak terpilih kembali sebagai presiden empat bulan lalu. Selain aksi-aksi demonstrasi jalanan, Roussef juga tengah menghadapi upaya pemakzulan yang dilakukan lawan-lawan politiknya karena dugaan korupsi yang melilitnya.

Rousseff sendiri adalah Direktur Utama Petrobras saat kasus-kasus korupsi perusahaan migas itu terjadi, namun sejauh ini ia masih ‘aman’ dari tuduhan korupsi.

Sampai saat ini sudah sekitar 40 eksekutif petrobras dan politisi, termasuk para ketua parlemen telah diperiksa terkait dengan kasus ini.

Para jaksa penyidik menyebutkan bahwa Vaccari bertindak sebagai perantara bagi Partai Pekerja dalam skema dimana para pejabat Petrobras dan perusahaan-perusahaan konstruksi sengaja menggelembungkan nilai kontrak hingga miliaran dolar atau puluhan triliun rupiah.

Dalama pernyataannya terkait penangkapan Vaccari, Partai Pekerja mengatakan keyakinannya bahwa yang bersangkutan tidak bersalah.

“Tidak hanya karena tindakan-tindakannya, namun karena di negara demokratis seseorang tidak bisa dianggap bersalah sebelum ada ketentuan hukum,” demikian pernyataan Partai Pekerja menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL