Konser “Venezuela Aid Live” di Cucuta, Colombia, 22 Februari 2019. © REUTERS/Luisa Gonzalez

Bogota, LiputanIslam.com–Jutaan dolar ‘bantuan kemanusiaan’ dari AS dikorupsi oleh para bawahan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido. Demikian temuan dari intelijen Kolombia dari dokumen yang bocor.

Guaido merupakan pemimpin oposisi yang diakui dan didukung oleh AS. Dia telah berupaya untuk merebut kekuasaan dari Presiden Nicolas Maduro, meski usahanya tidak pernah berhasil.

Menurut laporan dari intelijen Kolombia, sejumlah bawahan Guiado menggelapkan uang bantuan dari AS yang ditujukan untuk membayar para tentara pembelot Venezuela. Dana ini dikumpulkan dari konser ala Live Aid yang diadakan oleh filantopis milyarder, Richard Branson, pada bulan Februari lalu. Bertepatan dengan itu, para pendukung Guaido memaksa untuk membuka perbatasan Venezuela-Kolombia sebagai jalur masuk bantuan-bantuan tersebut.

Dokumen-dokumen bocor yang dirilis oleh PanAm Post, mengungkapkan bahwa koordinator regional untuk partai Popular Will Guaido, Kevin Rojas, dan kepala staf “presiden sementara”, Rossana Barrera, menghabiskan uang tunai ratusan ribu dolar untuk hotel mewah, pakaian mahal, minuman keras, mobil, dan barang-barang mahal lainnya.

Rojas dan Barrera sendiri mengklaim telah menggunakan uang bantuan itu untuk 7 hotel untuk menampung lebih dari 1.400 pembelot. Namun, pemerintah Kolombia hanya mencatat setengah dari jumlah pembelot yang melintasi perbatasan, dan hanya dua hotel yang dibayar. Sementara itu, bukti  kwitansi memperlihatkan bahwa kedua bawahan Guaido ini telah menghabiskan lebih dari $125.000 untuk barang mewah untuk konsumsi pribadi. Pada bulan Mei, salah satu hotel mengusir 65 pembelot dan keluarga mereka karena terdapat lebih dari $20.000 tagihan hotel yang belum dibayar.

Selain penggelapan dana, staf Guaido juga merusak distribusi bantuan makanan yang dikirim oleh AS, dengan perkiraan 60 persen diantaranya membusuk di gudang dan harus dibuang.

Menurut wapres AS, Mike Pence, Negeri Paman Sam telah menyalurkan $213 juta bantuan untuk Guaido sejauh ini. Namun, belum terungkap berapa total dari dana itu yang akhirnya masuk ke kantong para elit oposisi untuk hotel, mobil, minuman keras, dan pernak-pernik di Kolombia. (ra/rt)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*