NarendraModi_AP_NEWNew Delhi, LiputanIslam.com — Partai Oposisi Bharatiya Janata Party (BJP) hampir dipastikan memenangkan pemilu India, dan pemimpinnya, Narendra Modi hampir dipastikan pula akan menjadi Perdana Menteri India mendatang.

Berdasar laporan televisi Times Now, Jumat (16/5), BJP telah mengantongi 278 kursi parlemen dari total 543 kursi parlemen. Angka tersebut melampaui prediksi sebelumnya yang menyebutkan BJP akan memperoleh 250 kursi. Selama 30 tahun terakhir, baru kali inilah sebuah partai memenangkan mayoritas kursi parlemen sehingga berhak menentukan pemerinahan sendiri tanpa harus berkoalisi.

“India telah menang. Hari-hari baik menunggu di depan,” tulis Modi di akun twitter pribadinya.

Pesta pun berlangsung di markas BJP dan kantor-kantor partai ini di penjuru India. Eforia kemenangan bahkan sangat terasa hari ini di Times Square, New York, di mana pendukung BJP di kota ini membagi-bagikan permen di jalanan. Kemenangan Modi juga disambut dengan melonjaknya indeks saham India melampaui angka 25.000 point. Nilai tukar rupess pun melonjak ke angka 59.25 per-dollar, tertinggi sejak 10 bulan terakhir.

Di sisi lain partai penguasa harus mengalami kekalahan telak dengan perolehan kursi parlemen yang baru mencapai 52 kursi. Inilah kekalahan telak setelah 5 tahun pemerintahan yang diwarnai oleh skandal-skandal korupsi.

Kenaikan indeks saham sangat dipengaruhi oleh kenaikan saham Reliance Industries, milik bilyuner Mukesh Ambani. Ambani, manusia terkaya India dan salah satu manusia terkaya di dunia, adalah pendukung kuat Modi. Kenaikan signifikan juga dialami saham Adani Enterprises yang meloncak hingga 60% dari harga bulan lalu. Gautam Adani, pemilik Adani Enterprises, juga pendukung kuat Modi.

Sementara kantor pusat Adani Enterprise berada di tempat kediaman Modi, di Gujarat, Ambani menanamkan investasi besar-besaran di negara bagian itu, terutama komplek penyulingan minyak di Jamnagar.

Setelah memastikan kemenangan partainya, Modi pun mengunjungi ibundanya di kota Gandhinagar, untuk meminta restu. Sebagai pengusaha, Modi diyakini akan mengendalikan negara ke arah yang menguntungkan dunia usaha. Modi akan dilantik sebagai perdana menteri tanggal 21 Mei mendatang.(ca/forbes/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL