kapal kandas inggrisLondon, LiputanIslam.com — Sebuah operasi penyelamatan besar-besaran tengah dilakukan untuk membebaskan kapal feri pengangkut kendaraan di dekat Pulau Wight di lepas pantai Southampton, Inggris.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, kapal Hoegh Osaka tengah berlaya menuju Jerman ketika kandas di Bramble Bank, mulut Teluk Southampton, Sabtu (3/1) petang. Petugas pengawal pantai menyebutkan bahwa 25 awaknya berhasil diselamatkan.

Hoegh Autoliners, operator kapal tersebut mengatakan bahwa pihaknya tengah “menilai kerusakan yang terjadi dan dan stabilitas kapal.” Salah seorang awak mengalami luka-luka, meski tidak terlalu serius. Demikian perusahaan itu menyebutkan.

Sebanyak 3 orang awak kapal senior tetap berada di kapal hingga semua awak dievakuasi. Namun kini ketiganya telah berada di darat.

“Operasi penyelamatan telah dilakukan. Bukan untuk mengangkat kapal ini, melainkan baru pada rencana pengangkatan,” kata pejabat Pengawal Pantai Inggris (MCA) Steve Carson kepada BBC.

“Pemilik kapal telah memilih operasi penyelamatan dan melakukannya dengan hati-hati.”

“Kemudian mereka akan mempertimbangkan untuk mengangkat kapal itu dengan menggunakan air pasang, atau menggunakan peralatan lainnya,” tambahnya.

MCA menyebutkan bahwa tidak ada tanda-tanda polusi dalam kecelakaan ini, namun akan terus memantau kapal tersebut.

Kapal ini tidak berada di jalur pelayaran sehingga dianggap tidak membahayakan mobilitas kapal-kapal di daerah itu.

Kapal sepanjang 180 meter itu kini dalam kondisi miring 45%.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*