serangan saudi oxfamSana’a, LiputanIslam.com — Organisasi bantuan dan pembangunan internasional, Oxfam, mengutuk Saudi Arabia atas serangan udara negara itu yang menghancurkan gudang perbekalan miliknya yang diperuntukkan bagi pemberian bantuan kemanusiaan di Yaman Utara.

Direktur Oxfam Yaman, Grace Ommer, pada hari Minggu (19/4) mengatakan bahwa pesawat-pesawat tempur Saudi telah mentargetkan salah satu fasilitas miliknya yang berisi perbekalan bantuan kemanusiaan di Provinsi Sa’ada, Yaman Utara.

Ommer menuduh Saudi sengaja melakukan serangan terhadap fasilitas tersebut setelah pihaknya mengklaim telah memberikan informasi tentang keberadaan fasilitas-fasilitas miliknya secara rinci kepada pihak Saudi.

“Isi dari gudang tersebut tidak memiliki nilai militer karena hanya berisi perbekalangan bantuan kemanusiaan,” kata Ommer sebagaimana dilansir Press TV, Senin (20/4).

Oxfam telah beroperasi di Provinsi Sa’ada selama bertahun-tahun, membangun jaringan air dan menyalurkan air bersih ke wilayah-wilayah pedesaan. Sejauh ini pemerintah Saudi belum memberikan tanggapan atas insiden tersebut.

Sementara itu lembaga-lembaga kemanusiaan internasional juga mengecam aksi serangan Saudi dan koalisinya terhadap Yaman karena telah menghambat pekerjaan mereka menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan kepada warga Yaman.

Menurut sejumlah laporan lebih dari 2.600 warga Yaman, termasuk wanita dan anak-anak, tewas akibat serangan yang dilancarkan Saudi dan sekutu-sekutunya di Yaman sejak tanggal 26 Maret lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Comments are closed.

Positive SSL