obama tandatanganWashington, LiputanIslam.com — Presiden AS Barack Obama, Senin (4/8), menyetujui bantuan senilai $225 untuk program Iron Dome Israel. Demikian laporan Press TV.

Dalam keputusan itu maka bantuan AS untuk program Iron Dome Israel menjadi $576 juta tahun depan. Angka ini jauh lebih tinggi dari permintaan departemen pertahanan AS yang menganggarkan bantuan $176 untuk Israel.

Secara keseluruhan selama ini AS telah memberikan bantuan senilai $700 juta bagi pengembangan sistem persenjataan Iron Dome. Demikian laporan Congressional Research Service bulan April lalu. Dengan tambahan tersebut, angkanya bakal menembus $1 miliar tahun depan.

Tambahan bantuan tersebut disetujui Congress dengan suara nyaris bulat, hari Jumat (1/8), yaitu 395 setuju banding 8 yang menolak.

Setelah pemungutan suara, senator partai Republik yang dikenal sangat pro-Israel, Lindsey Graham, mengatakan bahwa keputusan tersebut menjadi tanda bagi Israel bahwa “AS berada di samping Israel saat dibutuhkan”.

Iron Dome adalah sistem pertahanana udara yang ditujukan untuk mencegat serangan roket dan peluru mortir yang ditembakkan dari jarak antara 4 hingga 70 km. Tdiak lama setelah Israel menyerang Gaza, Obama memuji Iron Dome sebagai “bukti dukungan AS kepada Israel”.

Pada tanggal 28 Juli lalu senator senior Harry Reid mengatakan bahwa Israel sangat membutuhkan tambahan bantuan keuangan dari AS untuk melancarkan serangannya di Gaza.

Israel adalah negara penerima bantuan terbesar AS. Melalui perjanjian yang ditandatangani kedua negara tahun 2007, selama 10 tahun sebanyak $30 miliar uang rakyat AS mengalir ke Israel.

Saat ini bahkan para pejabat kedua negara tengah mendiskusikan tambahan bantuan AS untuk Israel melalui paket bantuan baru yang akan diperpanjang hingga tahun 2027.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL