barack-obama-_131002154718-416Kualalumpur, LiputanIslam.com — Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengkritik pemerintahan Myanmar yang abai melindungi hak-hak kaum minoritas Muslim Rohingya. Obama juga mengkritik negara-negara ASEAN atas masalah itu.

“ASEAN memiliki kaum Muslim minoritas (di Myanmar) yang populasinya terus menurun dan hak-haknya belum terlindungi sepenuhnya. Myanmar tidak akan pernah sukses jika warga Muslim di sana masih tertindas,” kata Obama di sela-sela kunjungan di Malaysia seperti dilansir Reuters, Ahad (27/4).

Obama tidak memungkiri dan memujui reformasi politik yang tengah terjadi di Myanmar. Namun, demokrasi yang dibangun berada dalam bahaya jika pemerintah Myanmar gagal mengatasi konflik agama dan etnis yang terjadi. Menurut Obama, hal tersebut dapat menggiring Myanmar ke arah pembangunan yang salah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Myanmar dilanda kerusuhan rasial berbau agama. Kelompok minoritas Muslim dari etnis Rohingya menjadi sasaran kekerasan yang memakan banyak korban dan memaksa ribuan lainnya hidup di tenda-tenda pengungsian di negara-negara tetangga.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL