obama isisWashington, LiputanIslam.com — Presiden AS Barack Obama menggelar diskusi melalui “video conference” dengan para pimpinan militer negara-negara Eropa tentang upaya memerangi kelompok ISIS.

Seperti dilaporkan BBC News, Rabu (15/10), Obama mengungkapkan kepada para pemimpin militer tersebut bahwa kampanye anti-ISIS akan berjalan lama. Ia juga menyatakan perhatian serius tentang serangan ISIS atas kota Kobane di perbatasan Suriah-Turki.

Para pejabat AS mengklaim bahwa AS telah melancarkan 18 serangan udara terhadap ISIS di dekat Kobane pada hari Selasa dan Rabu (15/10). Lima serangan lainnya dilancarkan terhadap ISIS di Irak.

ISIS dikabarkan tengah bergerak maju ke kota Amariya al-Falluja, salah satu kota yang masih dikuasai pasukan pemerintah di Provinsi Anbar dan hanya berjarak 40 km dari ibukota Baghdad.

“Serangan udara koalisi akan berlanjut di kedua wilayah ini,” kata Obama kepada 22 pemimpin militer Eropa dan sekutu Arab, di Pangkalan Udara Andrews di dekat Washington.

“Tidak ada penyelesaian cepat. Kita baru di tahap awal,” kata Obama.

“Seperti setiap upaya militer, akan ada hari-hari kemajuan, namun ada pula hari-hari kemunduran,” tambahnya.

Pertempuran di Kobane kini menjadi ujian bagai keefektifan kampanye serangan udara AS dan koalisinya terhadap ISIS.

Meski AS dan koalisinya telah melancarakan serangan-serangan udara dalam 2 minggu terakhir terhadap ISIS, kelompok ini tetap berhasil merebut sebagian kota Kobane dari para pejuang Kurdi dan memaksa lebih dari 160.000 penduduk kota itu melarikan diri.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL