obama camp davidCamp David, LiputanIslam.com — Presiden AS Barack Obama, di hadapan para pemimpin Arab yang mengikuti pertemuan tingkat tinggi Camp David, Kamis (14/5), mengatakan bahwa AS tidak bertujuan untuk meminggirkan Iran.

Hal itu disampaikan Obama di tengah-tengah kecemasan negara-negara Arab tentang prospek perundingan nuklir Iran yang dipandang sebagai ancaman bagi mereka.

“Tujuan dari kerjasama keamanan adalah bukan untuk memperpanjang konfrontasi dengan Iran, atau bahkan meminggirkan Iran,” kata Obama kepada wartawan di sela-sela pertemuan pemimpin AS dan 6 negara Teluk.

Dalam pertemuan tersebut dicapai kesepakatan untuk memperkuat kerjasama keamanan dan militer di antara AS dengan negara-negara Arab tersebut. AS juga setuju untuk memperkuat kerjasama militer dengan negara-negara Arab dalam menghadapi pengaruh Iran yang semakin kuat di kawasan. Demikian seperti dilansir Press TV, Kamis (14/5).

“Saya tegaskan kembali komitmen kuat kami atas keamanan partner-partner kami di Teluk,” tambah Obama.

Obama dan para pemimpin negara Teluk juga mengeluarkan pernyataan bersama dimana mereka akan ‘meningkatkan kerjasama keamanan, khususnya dalam melacak transfer senjata sebagaimana juga konter-terorisme, keamanan maritim, keamanan siber, dan pertahanan rudal balistik.”

Dalam sebuah wawancara dengan media Saudi Ashraq Al-Awsat  hari Rabu, Obama menuduh Iran telah mendukung terorisme dan melakukan langkah-langkah berbahaya di berbagai negara di kawasan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL