pasukan amerikaKabul, LiputanIslam.com — AS akan menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan tahun ini setelah Presiden Hamid Karzai menolak menandatangani perjanjian keamanan dengan Amerika.

Demikian pernyataan Presiden Amerika Serikat Barack Obama kepada Presiden Hamid Karzai, hari Selasa (25/2), melalui telepon. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan AS akan tetap melanjutkan misi keamanan pasca-2014 dengan pemerintahan Afghanistan berikutnya.

Obama mengatakan kepada Karzai bahwa Pentagon memiliki sedikit pilihan. Namun, AS merencanakan untuk menarik seluruh serdadu di sana sebab pemimpin Afganistan telah menolak menandatangani kesepakatan keamanan bilateral dengan Washington.

“Secara khusus Presiden Obama telah meminta Pentagon untuk memastikan bahwa beliau memerintahkan penarikan pasukan pada akhir tahun ini,” ujar Gedung Putih, sebagaimana dikutip oleh kantor berita Reuters, Selasa (25/2).

AS sesungguhnya masih ingin menempatkan 10.000 pasukannya untuk melatih dan menjadi mentor pasukan keamanan Afganistan guna menghadapi Taliban dan gerakan al-Qaeda. Hal itu pulalah yang tercantum dalam draft perjanjian keamanan Amerika-Afghanistan yang ditolak Hamid Karzai.

Beberapa waktu lalu Amerika menyatakan akan menunggu hingga Karzai turun dari kursi kepresidenan yang dijadwalkan tahun ini, dan membicarakan lagi perjanjian keamanan dengan presiden yang baru.(lb/ca/tempo.co/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL