spicejetafpNew Delhi, LiputanIslam.com — Sebuah pesawat jet yang mengangkut 146 penumpang dan awaknya nyaris celaka setelah menabrak seekor kerbau saat hendak tinggal landas, Kamis (6/11) kemarin. Akibat kejadian itu pesawat pun gagal tinggal landas dan mengalami kerusakan.

Seperti dilaporkan BBC News, Jumat (7/11), pesawat Boeing 737-800 maskapai penerbangan SpiceJet itu menabrak seekor kerbau yang tersesat di bandara kota Surat. Tidak ada korban terluka dalam insiden itu. Namun pesawat mengalami kerusakan dan gagal tinggal landas. Sementara kerbau malang yang tertabrak, mati di tempat kejadian.

SpiceJet dalam pernyataannya menyebutkan bahwa pilot tidak melihat keberadaan kerbau tersebut, karena latar belakang yang gelap. SpiceJet adalah maskapai penerbangan terbesar ke-4 di India.

Setelah insiden tersebut, para penumpang dipindahkan ke pesawat lain menuju kota tujuannya, New Delhi. Sedangkan pesawat yang mengalami insiden kini dalam perbaikan.

“Binatang-binatang yang tersesat semakin menjadi ancaman di beberapa bandara. Indisen ini telah mempengaruhi operasi rutin kami dan penerbangan SpiceJet akan ditunda sampai batas waktu yang tidak diketahui,” kata jubir maspakai.

Kepala operasi maskapai, Sanjiv Kapoor menyalahkan menejemen bandara dalam insiden itu. “Seekor kerbau berjalan-jalan di landasan pacu adalah tidak bisa dimaafkan,” katanya.

Seorang penumpang, Prabhakar Joshi, mengatakan ia mendengar suara keras seperti benda keras menghantam roda ketika pesawat mulai berjalan cepat.

“Jika saja kejadiannya beberapa detik kemudian, ketika pesawat hampir tinggal landas, ini akan menjadi bencana bagi kita semua,” kata Joshi kepada televisi lokal NDTV.

India memiliki catatan penerbangan yang baik dalam satu dekade terakhir, pada saat terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang pesawat dan maskapai penerbangan yang melayaninya. Namun, binatang yang menerobos landasan pacu di beberapa bandara kecil, telah menjadi persoalan yang serius.

Pada bulan JUni 2008, hampir 100 penerbangan ditunda dalam sehari akibat sekelompok biawak (kadal monitor) berjalan-jalan di landasan pacu bandara New Delhi. Dalam berbagai insiden lainnya rubah, rusa, burung merak, ular, monyet, anjing juga telah mengganggu penerbangan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL