LiputanIslam.com-Nahdlatul Ulama (NU) sedang menyiapkan sejumlah nama kader untuk diajukan pada kursi kabinet Pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang didapatnya, NU saat ini tengah menggodok nama-nama kandidat yang akan diusulkan kepada Joko Widodo dan Ma’ruf Amin untuk mengisi kursi kabinet mendatang.

“Yang saya dengar, nama-nama itu sedang digodok untuk posisi mana yang tepat. Soal mengusulkan boleh, karena kami ikut berjuang,” kata Yaqut, usai menghadiri Konferensi Wilayah Gerakan Pemuda Ansor XIV Provinsi Jawa Timur, di Kota Malang, Minggu (27/7).

Baca juga: PKB Ingin Perjuangkan Kursi Ketua MPR

Yaqut menambahkab bahwa meskipun NU mengusulkan nama-nama kandidat tersebut, keputusan akhir untuk mengisi kursi menteri pada kabinet baru sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo. NU tidak mendesak, menekan dan lainnya. Akan tetapi, NU pasti akan mengusulkan nama-nama karena ikut berjuang sejak awal untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Ia berharap Presiden bisa memilih orang-orang yang mumpuni pada bidang masing-masing untuk mengisi kursi kabinetnya di periode kedua ini. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan soal pembentukan Kabinet Kerja Jilid 2 untuk periode 2019-2024 sudah mulai masuk nama-nama calonnya.

“Pembentukan kabinet belum, tetapi sudah mulai masuk nama-nama calon itu, dan terus semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan memilihnya akan menjadi semakin mudah,” kata Jokowi di sela menikmati kuliner ayam goreng sambal blondo di warung makan Mbah Karto, Kabupaten, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*