norwegia tuaNew York, LiputanIslam.com — Norwegia dinyatakan sebagai negara yang paling nyaman ditinggali oleh para manula. Demikian penelitian Global AgeWatch Index menyebutkan.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (1/9), Global AgeWatch Index menempatkan Norwegia di tempat teratas daftar negara paling nyaman ditinggali oleh orang-orang berusia di atas 60 tahun.

Dipublikasikan di laporan UN International Day of Older Persons, daftar tersebut menempatkan Australia, Eropa Barat dan Amerika Utara sebagai tempat-tempat yang nyaman untuk ditinggali para manula. Sementara Afghanistan ditempatkan di tempat terbawah daftar yang terdiri dari 96 negara itu.

Laporan itu memprediksikan bahwa pada tahun 2050 sekitar 21% penduduk dunia berusia di atas 60 tahun.

Indeks tersebut mengukur 4 aspek kesejahteraan: keamanan pendapatan, kesehatan, kapabilitas personal, serta lingkungan yang mendukung.

Setelah Norwegia, 4 negara teratas lainnya yang menjadi tempat paling nyaman bagi para manula adalah Swedia, Swiss, Kanada dan Jerman.

Laporan juga memprediksikan pada tahun 2050, sebanyak 40 negara yang berada dalam daftar indeks akan memiliki 30% penduduk berusia di atas 60 tahun.

Sementara PBB memperkirakan jumlah penduduk berusia di atas 60 tahun akan berjumlah 1,4 miliar jiwa pada tahun 2030.

Para ahli meyakini, semakin tingginya usia harapan hidup manusia tergantung pada faktor “kebahagiaan”, perawatan kesehatan, kesehatan makanan, sanitasi dan kesejahteraan ekonomi.

Beberapa negara Amerika Latin terutama Mexico dan Peru telah melakukan program yang bisa menjamin kesejahteraan warga manula melalui program “pensiun sosial”. Ini adalah program pensiun yang dibiayai oleh APBN dan diberikan bagi warga manula. Dengan program ini 90% warga manula di Mexico kini mendapatkan pensiun.

Tidak heran jika Mexico berada pada urutan 30 daftar negara yang nyaman ditinggali para manula. Peringkat itu mengungguli beberapa negara besar seperti Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan.

Sementara di Peru, negara memberikan tunjangan pensiun senilai 125 nuevo soles atau sekitar Rp400.000 per-bulan kepada semua warga manula.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL