Kashim-Shettima2Borno, LiputanIslam.com — Gubernur negara bagian Borno, Nigeria, Kashim Shettima, menyediakan hadiah sebesar $300 ribu atau sekitar Rp3,3 miliar bagi siapa pun yang bisa memberikan informasi dan membantu pencarian siswa dari Sekolah Menengah Putri yang diculik oleh kelompok Militan Islam Boko Haram pada hari Senin lalu (14/4).

Shetiima, hari Rabu (16/4), menjelaskan, dari laporan sejumlah orang tua murid diprediksi masih ada sekitar 50 murid yang masih diculik, sementara 14 lainnya berhasil melarikan diri. Namun, menurut dia, jumlah korban belum bisa dipastikan secara tepat.

Sementara itu, Sekjen PBB Ban Ki-moon, mengecam keras aksi ini dan meminta gerombolan Boko Haram untuk segera mengembalikan para siswa yang diperkirakan berusia 15 hingga 18 tahun ini.

Kelompok yang ingin menjadikan Nigeria sebagai negara Islam itu sebelumnya pernah mengancam akan menculik anak-anak dari sekolah itu pada Maret lalu. Aksi mereka pun dibuktikan dengan membawa paksa setidaknya 200 siswi ke dalam bis, van, dan truk, dan terlibat baku tembak dengan penjaga sekolah.

Sejauh ini, tentara Nigeria sudah melakukan operasi pencarian dengan bantuan pesawat udara. Mereka menyisir kawasan hutan hingga ke dekat perbatasan dengan Kamerun.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*