saadi khadaffiTripoli, LiputanIslam.com — Saadi Khaddafi, salah seorang putra mantan pemimpin Libya Muammar Khaddafi, telah diekstradisi oleh pemerintah Nigeria ke negara asalnya, Libya, dan kini ia berada di sebuah penjara pemerintah di Tripoli. Demikian pernyataan resmi pemerintah Libya melalui akun resmi di Facebook hari ini (6/3).

“Pemerintah Libya hari ini menerima Saadi Khaddafi dan ia telah tiba di Tripoli.” tulis pernyataan resmi pemerintah Libya.

Pemerintah Libya juga menyatakan terima kasih terhadap pemerintah Nigeria atas ekstradisi tersebut. Saadi (40 th) melarikan diri ke Nigeria melalui Gurun Sahara setelah tersingkirnya Muammar Khaddafi dari kekuasaan tahun 2011.

Sebelumnya Nigeria menolak mengekstradisikan Saadi ke Libya.

Menurut pernyataan pemerintah Libya, Saadi kini berada di Penjara Hadaba di Tripoli dan akan diperlakukan sesuai hukum internasional.

Menurut berbagai laporan, Saadi yang adalah seorang pemain sepakbola, sebenarnya tidak pernah diinginkan oleh pengadilan kejahatan internasional (ICC), namun pemerintah Libya menginginkan ia diadili atas tuduhan beberapa tindakan kekerasan, termasuk ketika mengetuai Asosiasi Sepakbola Libya.

Sementara itu saudara kandung Saadi, Seif al-Islam, telah ditahan oleh milisia lokal di kota Zintan, barat Libya, sejak November 2011.

ICC telah mendakwa Saif al-Islam atas tindak kejahatan kemanusiaan, namun milisi yang menahannya menolak menyerahkannya ke pemerintah.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL