nigeria ebolaAbuja, LiputanIslam.com — Nigeria, salah satu negara Afrika yang terkena wabah virus ebola walau dengan skala yang lebih kecil dari negara-negara Afrika barat, telah dinyatakan sebagai wilayah yang bebas dari virus ebola, setelah selama 6 minggu tidak ditemukan kasus baru. Demikian organisasi kesehatan dunia WHO mengatakan. Demikian BBC melaporkan.

Wakil WHO Rui Gama Vaz, berbicara di ibukota Nigeria Abuja, Senin (20/10), mengatakan bahwa keberhasilan Nigeria membendung wabah ebola sebagai “cerita sukses yang spektakuler”.

Nigeria mendapat pujian atas tindakannya yang cepat dan tepat, setelah laporan pertama penyakit virus ebola muncul bulan Juli lalu dari seorang diplomat Liberia yang tertular di negaranya.

Sebelumnya pada hari JUmat (17/10), Senegal juga dinyatakan telah bebas dari wabah virus ebola.

Sejauh ini wabah telah menewaskan lebih dari 4.500 orang, sebagian besar di negara-negara Afrika barat, Liberia, Guinea, dan Sierra Leone. Sekitar 70% penderita virus itu mengalami kematian di ketiga negara itu.

Sementara itu menlu negara-negara Uni Eropa kini tengah menggelar pertemuan di Luxemburg untuk memperkuat respon bersama terhadap penyebaran ebola di Eropa. Sebelumnya, pemerintah Spanyol mengumumkan bahwa seorang perawat Spanyol yang diduga menjadi orang pertama tertular ebola di luar Afrika, dinyatakan negatif dari penyakit itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL